Aplikasi Terbaik Tahun 2020 Untuk merekam Layar PC/Laptop

Baca Juga

Kemajuan teknologi saat ini membuat bermunculan beberapa jenis profesi baru. Salah satunya adalah profesi sebagai seorang youtuber. Mungkin timbul pertanyaan dalam benak anda, bagaimana cara merekam layar laptop? Misalnya merekam Live Streaming pertandingan bola. Atau merekam game yang dimainkan di PC atau laptop seperti para Youtuber Gamer. Nah, inilah jawabannya, mereka menggunakan aplikasi screen recorder atau aplikasi untuk merekam layar PC.

1. Aplikasi Perekam Layar PC OBS Studio 
 
Open Broadcaster Software atau biasa disebut OBS merupakan software yang bersifat open source dan multi-platform. Dengan adanya sifat ini OBS menjadi perangkat lunak yang bebas digunakan sistem operasi manapun.

Dan juga OBS dapat dimiliki oleh siapapun tanpa membayar alias gratis. Tampilannya yang sederhana, membuat aplikasi ini banyak digemari oleh para youtuber.
Anda patut mencoba aplikasi ini untuk merekam layar pc anda. Karena, aplikasi perekam layar pc yang satu ini memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya adalah:
  1. Open Source
  2. Banyak Pilihan Filter Video
  3. Menu tema dapat diganti
  4. Mendukung streaming/live broadcast.
Sebagaimana aplikasi lainnya, OBS Studio juga memiliki kekurangan. Kekeurangan tersebut adalah kurang lengkapnya panduan menggunakan aplikasi ini.
Sehingga anda harus mempelajari sendiri bagaimana cara untuk memanfaatkan software ini secara maksimal untuk menggunakannya.
Jika ingin mencobanya silahkan download OBS.

2. Atomi Active

jangan salah, meskipun dengan desain yang minimlais anda juga tetap dapat merekam layar pc anda dengan resolusi yang tinggi. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk merekam seluruh layar atau hanya bagian tertentu dalam pc anda. Sehingga cocok untuk anda yang ingin membuat video durasi lama.

Nah, agar video hasil rekaman terlihat lebih menarik dan rapi, anda bisa mengeditnya lebih dulu dengan aplikasi edit video PC. Pilih aplikasi terbaik dan pelajari penggunaannya. Sebagai salah satu aplikasi perekam layar terbaik, Atommi Active ini memiliki beberapa kelebihan yang mereka tawarkan. Kelebihan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Tanpa watermark
  • Berbagai fitur efek
  • Fitur editing
  • Format yang beragam
Dan dibalik segudang kelebihan yang ditawarkan aplikasi ini juga memiliki kekurangan. Di antaranya adalah tidak adanya fitur untuk mengunggah secara langsung ke youtube atau facebook. Sehingga hal ini cukup menyulitkan anda untuk mengungah video yang anda buat. Download Atomi Active.

3. TinyTake 

Aplikasi terakhir yang bisa Anda andalkan untuk melakukan perekaman layar PC adalah TinyTake. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki kesibukan, rutinitas, hobi membuat video rekaman dengan layar PC.

Nah, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mencurahkan semua kreativitas untuk menghasilkan sebuah video yang menarik untuk diunggah ke YouTube maupun media sosial lainnya.

Salah satu kemampuan yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah kemampuannya yang dapat merekam layar dan juga webcame secara bersamaan.

Sayangnya, aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar dimana jika Anda menggunakannya dengan mode gratis, maka perekaman layar hanya dapat dilakukan 5 menit saja.

Meskipun demikian, untuk rekam layar yang dilakukan selama 5 menit dengan mode gratis ini tidak memiliki watermark. Itu membuat kualitas yang dihasilkan sangat memuaskan dengan resolusi gambar yang tinggi.

Adapun kelebihan lain yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah kemampuannya yang dapat merekam hanya dengan satu kali klik saja. Download di sini.

4. CamStudio

Software selanjutnya yang bisa Anda andalkan untuk merekam layar PC dengan kualitas dan resolusi yang bagus adalah CamStudio.

Aplikasi ini adalah software open source yang dapat diunduh secara gratis. Bahkan aplikasi ini juga cukup populer dan memiliki banyak peminat.

Salah satu hal yang menarik dari aplikasi ini adalah kemampuannya yang dapat mengubah hasil rekaman dari format AV ke SWF dimana ia dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan website.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah kemampuannya yang dapat merekam gambar demi gambar dalam satu perekaman.

Adapun kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah adanya bug pemasangan software dari pihak ke 3 yang langsung ter instalasi langsung dengan program. Download di sini.

5. XSplit Gamecaster 

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh XSplit Gamecaster adalah kemampuannya dalam merekam streaming yang sangat hebat.

Aplikasi ini dapat menayangkan berbagai macam streaming yang sedang Anda lakukan dengan stabil tanpa adanya hambatan.

Selain itu, Anda tidak perlu repot saat menggunakannya, sebab hanya dengan satu tombol saja, Anda sudah bisa mulai merekam.

Dan yang lebih hebatnya lagi, aplikasi ini berjalan dengan cara menyesuaikan konfigurasi setiap laptop yang digunakan. Download XSplit di sini

6. WM Capture.

WM Capture merupakan aplikasi yang dapat anda gunakan untuk merekam layar pc anda tanpa takut terkena watermark pada videonya.

Keunikan dari aplikasi ini adalah anda bisa menentukan kapan mulai merekam, dengan adanya fitur schedule recording. Dan tentunya anda bisa merekam dibagian layar tertentu saja.

Sebagai salah satu aplikasi perekam layar untuk pc terbaik, aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah memiliki output yang beragam.

Format output terhadap video yang dihasilkan terdiri dari berbagai macam seperti MPEG, WMV, AVI, DVD-ISO. Dan hal ini tentu saja membantu anda dalam menentukan format rekaman.

Download WM Capture.

7. Windows 10 Game Bar 

Windows 10 Game bar merupakan software bawaan dari windows 10. Cara untuk menjalankan program ini di windows 10 anda adalah dengan menekan windows + G dan nantinya jendela program akan terbuka.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah fitur game dvr. Fitur ini memungkinkan seseorang untuk merekam layar pc dengan lebih smooth sehingga video yang dihasilkan akan lebih baik.

Dan juga hasil rekaman dari aplikasi ini meiliki size yang tidak terlalu besar, sehngga tidak membebankan memori penyimpanan anda. Download di sini. 

8. Icecream Screen Recorder PC 

Icecream Screen Recorder ini dapat digunakan untuk merekam webinar yang sedang berlangsung, merekam video call ataupun game play.

User interface pada software ini dapat dengan mudah dipahami, sehingga screen recorder ini menjadi primadona para pembuat video. Icecream Screen Recorder ini juga dapat digunakan sebagai cara screenshot di laptop.

Bukan tanpa alasan mengapa aplikasi ini menjadi pilihan utama sebagai software perekam layar di pc mereka, karena software ini memiliki beberapa keunggulan.

Beberapa keungulan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:
  •     Terdapat konfigurasi shorcut untuk Pause, Record, dan Stop.
  •     Dapat melakukan perekam layar dan face cam di pc.
  •     Merekam audio dan video secara bersamaan
  •     Terdapat history project
Selain keunggulan yang ditawarkan, aplikasi ini juga memilki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah dalam versi gratis aplikasi ini hanya mengijinkan perekaman maksimal selama 10 menit.

Dan kemudian pilihan editing, sangat terbatas pada versi gratis. Sehingga untk menikmati fitur lengkap dari aplikasi ini anda harus membayarnya. Download Icecream Screen Recorder.

9. Bandicam Screen Recorder
 
Bandicam Screen Recorder adalah aplikasi untuk merekam layar PC yang sangat mudah digunakan dan mampu menangkap area tertentu atau layar penuh. Kamu bisa dengan mudah merekam game yang sedang dimainkan, merekam video streaming dan kebutuhan lainnya. Aplikasi ini juga menawarkan beberapa mode seperti Gaming mode (mode permainan), Screen recording mode, dan Device recording mode agar proses perekaman bisa berlangsung maksimal. Cara membuat video di komputer akan menjadi lebih mudah dan cepat.  

Kelebihan Bandicam Screen Recorder:
  • Aplikasi perekam game ini bisa menyimpan video yang direkam dalam format AVI atau MP4.
  • Fitur perekaman suara real-time untuk kebutuhan screencasts.
  • Fitur live drawing atau menggambar daerah dalam layar ketika perekaman sedang berlangsung.
  • Bisa menambahkan watermark dan overlay webcam saat merekam.
  • Bisa menambahkan efek klik mouse (suara mouse yang sedang di-klik) atau animasi perekaman sedang berlangsung.
  • Setting untuk mengoptimalkan proses perekaman menggunakan akselerasi hardware (jika processor komputer kamu mendukung). Cara merekam game di PC dengan aplikasi ini juga mudah, nggak perlu keahlian khusus.
Kekurangan Bandicam Screen Recorder:
  •     Dalam versi gratis aplikasi perekam video PC ini, watermark-nya tidak bisa dihilangkan.
  •     Aplikasi untuk merekam ini memiliki waktu 10 menit saja untuk proses perekaman.
Meskipun hanya dapat merekam dalam waktu 10 menit saja, namun itu sudah cukup untuk membuat tutorial yang bagus dan mengesankan. Tertarik mencoba??
download disini