Cara Mengatasi "Setup was unable to create a new system partition or locate an existing system partition" win 9/8/10

Baca Juga

Kejadian ini baru saja kami alami dalam proses instalasi laptop HP mini dengan menggunakan windows, saat proses instalasi ternyata setelah dipartisi dan di format terjadi seperti gambar berikut ini 
Hasil gambar untuk cara mengatasi setup was unable to create a new system partition or locate an existing

Sempat panik juga, namun dengan berusaha tenang dan sambil mencari solusi di internet akhirnya menemukan caranya juga untuk mengatasi dan akhirnya sukses 100 dalam instalasi windows 7 di Netbook HP Mini.

Nah bagi anda yang mengalaminya seperti yang kami alami coba ikuti langkah-langkah berikut ini dan semoga berhasil 

Menggunakan CMD dari Mode Boot
Untuk cara yang kedua ini kita gunakan apabila tidak memiliki perangkat PC atau laptop lebih dari 1. Bisa di bilang memperbaiki harddisknya dengan PC atau laptop yang harddisknya sedang error tadi. Langsung saja untuk tutorial mengatasi setup was unable to create a new system partition or locale an existing system partition, bisa menyimak dibawah ini:

Pertama, siapkan bootable DVD atau USB windows, untuk windowsnya  bisa 7, 8 atau 10. untuk membuat Bootabel USB bisa simak disini

Kedua, nyalakan PC atau laptop, kumudian masuk kebios dan atur boot priority pada bios ke USB atau DVD, tergantung dari media bootable yang akan kita gunakan nanti, kalau menggunakan bootabel USB (flashdisk) maka settingan pada boot priority bios pilihan pertama diganti dengan USB kemudian save.

Ketiga, restart PC atau laptop maka secara otamatis akan boot ke media bootable kita tadi.
Jika sudah masuk pada jendela pilihan languange maka tekan tombol SHIFT+F10 atau SHIFT+Fn+F10 secara bersamaan untuk membuka progam aplikasi CMD.
Mengatasi Setup Was Unable to Create New Partition Saat Install Ulang
Keempat, setelah CMD terbuka maka masukan atau ketikan perintah "diskpart.exe", selanjutnya ketik perintah "list disk", disini kita menentukan partisi yang akan kita gunakan nanti ketika menginstall windows.

Kelima, masukan peritah "select disk 0" (jika yang kita ingin install disk 0), selanjunya ketik perintah "clean" yang berfungsi untuk menghapus semua data yang ada pada hardisk tersebut, sehingga jika ingin data aman maka kita harus memindahkan (backup) data tersebut ke harddisk/media lain.

Keenam, masukan perintah "exit" dan "exit" lagi hingga jendela CMD keluar dan kembali ke jendela pilihan language tadi.

Terakhir, restart pc atau laptop dengan menekan cancel pada jendela language, kemudian boot PC atau laptop ke media bootable lagi setelah itu lakukanlah intall ulang seperti biasanya. maka masalah untuk setup was unable to create a new system partition or locale an existing system partition sudah teratasi.