3 Cara Mudah Sharing Printer Pada Windows 10

Baca Juga

Pada dasarnya, sharing printer pada beberapa sistem operasi Windows hampirlah sama. Namun demikian, Pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba untuk membahas tentang cara sharing printer pada komputer bersistem operasi Windows 10.

Sharing printer pada Windows 10 juga bisa dilakukan dengan berbagai metode. Metode metode sharing printer tersebut tentunya dengan melewati beberapa tahapan yang berbeda. Namun demikian, pada akhirnya tujuan yang hendak didapat adalah sama, yakni supaya satu printer bisa digunakan oleh banyak pengguna.

Cara Sharing Printer Pada Windows 10
Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa anda praktekan di dalam mensharing printer pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 10.

A. Metode Ke 1 Cara Sharing Printer Pada Windows 10
Langkah pertama, silahkan anda klik tombol “Start” menu atau tekan tombol “Windows” pada keyboard, kemudian pilih menu “Setting“.
start menu setting windows 10

Setelah jendela setting terbuka, silakan Anda lanjutkan untuk memilih menu “Device“.
jendela setting pada windows 10

Pada jendela berikutnya akan ditampilkan beberapa printer yang sudah terinstal drivernya. Printer-printer yang ada di situ adalah printer yang siap untuk anda sharing. Silakan Anda pilih printer yang hendak anda sering, kemudian silakan Klik tombol “Manage” untuk melanjutkan ke proses berikutnya
manage printer pada windows 10

Pada tahap berikutnya, silahkan anda lanjutkan dengan memilih menu “printer properties“, kemudian silakan Anda klik pada bagian “tab sharing“, lalu akhiri dengan memberikan tanda ceklist pada bagian “share this printer”
share this printer pada windows 10

Setelah anda menyelesaikan tahapan di atas, maka anda perlu melakukan konfigurasi dari sisi komputer client atau komputer pengguna printer yang disaring tersebut. Langkah pertama adalah dengan masuk ke “Start Menu” kemudian ketik setting untuk meng akses menu “Setting” pada Windows 10
start menu setting windows 10

Setelah jendela Setting terbuka, silahkan anda masuk ke menu “Devices”
jendela setting pada windows 10

Pada jendela berikutnya akan ditampilkan jendela “Add Printer and Scanner“. Silahkan anda klik menu “+Add Printer or Scanner”
add printer or scanner windows 10

Silahkan anda tunggu beberapa saat hingga sistem menyelesaikan prosesnya dan memanpilkan tulisan “The Printer That Isn’t Listed“. Silahkan anda klik salah satu nama printer yang sebelumnya sudah di sharing pada komputer server.
The Printer That Isn't Listed pada windows 10

Tahap terakhir adalah dengan memilih menu “select a shared printer by name” pada jendela yang ditampilkan, kemudian klik tombol “Next”
select a shared printer by name

Silahkan tunggu lagi beberapa saat hingga prosesnya selesai.

B. Metode Ke 2 Cara Sharing Printer Pada Windows 10
Metode yang ke 2 mengenai cara sharing printer pada komputer Windows 10 juga tidak jauh berbeda dengan metode ke 1. Langkah pertama, silahkan anda klik tombol Start, lalu pilih atau ketik menu Devices & Printers
device and printer windows 10

Setelah jendela Device and Printers terbuka, silahkan anda cari nama Printer yang akan di sharing. Jika sudah, klik kanan nama printer, lalu pilih menu “See what’s printing”. Berikut ini adalah contoh penerapannya pada printer Merk Epson Tipe L300
device and printer L300 Windows 10

Setelah jendela Printing “Epson L300 series” tampil, silahkan anda klik menu Printer, lalu pilih menu Sharing
epson L300 series pada Windows 10

Tahap berikutnya akan dimunculkan jendela Epson L300 Series Properties. Pada jendela tersebut, silahkan anda klik tab sharing. Selanjutnya, silahkan anda berikan tanda cheklist pada bagian Share this printer. Jika perlu, anda bisa mengganti nama printer yang hendak di sharing dengan nama baru yang lebih singkat dan lebih mudah dimengerti.
epson L300 series properties pada Windows 10

Dari sisi client kita juga perlu melakukan setting pada printernya. Cara yang bisa dikerjakan adalah dengan memanfaatkan fasilitas Add Printer Wizard. Menu tersebut ada pada bagian Devices and Printers. Selanjutnya, silahkan anda pilih menu Select a shared printer by name.

Tahap berikutnya, silahkan isikan nama komputer yang terpasang Printer Epson L300 tadi. Format penulisan pada bagian nama komputer adalah //nama_komputer/nama_printer. Pada contoh artikel kali ini menggunakan nama printer EpsonL300 dan nama komputer Server. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
add printer Windows 10

Pada langkah selanjutnya, komputer akan secara otomatis menampilkan jendela agar kita bisa memilih merk printer sekaligus seri atau tipenya. Pada bagian tersebut, anda cukup memasukan informasi yang diminta dengan benar sesuai yang dibutuhkan oleh Windows 10. Prosesnya tidaklah terlalu lama, sehingga begitu proses Sharing Printer pada Windows 10 selesai, maka anda bisa langsung menggunakannya untuk mencetak berbagai macam dokument sesuai kebutuhan.

C. Metode Ke 3 Cara Sharing Printer Pada Windows 10
Metode ke 3 dan terakhir tentang cara sharing printer pada Windows 10 bisa kita awali dengan masuk ke Control Panel di Windows 10
Setelah jendela Control Panel tampil, silahkan anda klik menu View Devices and Printer
control panel pada Windows 10

Tahap berikutnya, silahkan anda cari printer yang akan disharing Jika sudah ditemukan, klik kanan printer tersebut, lalu pilih menu Properties
Akses printer properties pada Windows 10

Setelah jendela Printer Properties muncul, silahkan klik Tab Sharing, lalu berikan tanda cheklist pada bagian Share This Printer. Jika dibutuhkan, anda bisa memberikan nama baru pada bagian Share Name sesuai dengan kebutuhan anda.
Setelah selesai, Klik tombol Apply dan OK untuk menutup jendela Printer Properties
sharing printer pada Windows 10

Proses instlasi Printer sharing pada sisi client sama dengan 2 metode diatas. Jika diringkas, maka prosesnya diawali dari langkah 1 sampai dengan langkah 2 adalah sama.
Tahap selanjutnya adalah dengan klik menu Add devices and printers dengan posisi menu ada di bagian atas.
add a printer Windows 10

Silahkan anda tunggu beberapa saat hingga komputer client mampu mendeteksi adanya printer baru yang sudah di sharing. Jika sudah ditemukan silahkan dilanjutkan dengan klik tombol Next.
add a devices Windows 10

Silahkan ikuti terus panduan wizard yang ditampilkan sampai dengan Finish. Selesai dari printer tersebut sudah siap untuk digunakan.


Sumber : https://rerakit.com