10 Cara Menangani Printer Offline Menjadi Online

Baca Juga

Image result for printer

10 Cara Menangani Printer Offline Menjadi Online

Jika Masalah Printer terletak di Hardware Maupun Software
1. Membersihkan Kertas yang Menyangkut di Printer
Hal ini dilakukan jika saat kalian sedang melakukan pencetakan dokumen kemudian ada notif atau pemberitahuan mengenai Paper Jam hal ini menandakan bahwa ada ketas yang menyangkut di printer kalian. Perhatikan juga bentuk kertas tersebut apabila masih berbentuk lembaran cukup dengan ditarik saja tidak masalah namun apabila kertas sudah menekuk dan tidak beraturan kalian harus membongkar printer untuk mengambil kertasnya. Dan ingat menambil nya pun perlu berhati-hati jangan pernah sekali kali mengambil kertas dengan cara mencongkelnya.

2. Menambahkan Kertas Pada Printer
Hal ini dilakukan apabila saat kalian sedang mengeprint sebuah dokumen maupun foto kemudian muncul notif Out Of Paper hal ini menandakan kertas yang berada di printer habis dan jika hal ini terjadi cepat cepatlah kalian mengisi kertasnya. Habis atau tidaknya kertas akan lebih sulit di deteksi apabila printer berjenis shared printer maupun printer yang penyimpanan kertasnya dan printer untuk mencetak berada di ruangan yang berbeda.

3. Mengecek Kabel Printer
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas sebelumnya bahwa kabel printer yang rusak rawan sekali membuat printer menjadi tidak bisa digunakan alias offline. Jika driver sudah dipastikan tidak bermasalah maka sebaiknya anda mengecek apakah kabel printer terpasang dengan benar atau tidak. Karena pemasangan kabel yang tidak benar ataupun jika kabel telah rusak seperti dimakan tikus atau sudah putus maka dapat menyebabkan printer mengalami kerusakan.

4. Mengistirahatkan Printer Sejenak
Printer diibaratkan seperti manusia harus beristirahat jika sudah melakukan kegiatan yang banyak. Saat kalian menggunakan printer ada saat nya printer harus beristirahat sejenak dan lakukanlah print secara bertahap saja, ini sangat direkomendasikan karena apabila kalian memaksakan printer untuk terus melakukan print maka yang terjadi printer justru akan memaksakan kinerjanya sehingga printer bisa saja rusak.

5. Mengisi Ulang Tinta
Tinta merupakan bagian yang utama dan paling di printer selain kertas, apabila tinta tidak ada kita tidak akan bisa mencetak bukan ? oleh karena itu apabila tinta sudah habis bisa secara otomatis menjadikan printer menjadi offline. Sebaiknya isi tinta tidak usah menunggu tinta benar-benar  habis jika tinta sudah mengalami limit sebaiknya cepat cepat diisi. Karena mengisi tint ajika sudah benar benar kosong dapat menyebabkan kerusakan catridge.

6. Update Driver / Install Ulang Driver Printer
Driver printer merupakan hal yang paling penting diperhatikan sebab apabila semua perangkat printer dalam keadaan baik, kertas, tinta, dan catridge dalam keadaan aman aman saja tetapi driver corrupt maka printer akan sama sekali tidak berfungsi. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah cek terlebih dahulu driver printer sudah dalam keadaan terinstall atau belum dan apabila sudah namun terjadi corrupt maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah install ulang driver printer tersebut.

7. Memperbaiki Komponen Printer
Jika driver sudah baik namun hardware printer rusak maka harapan terakhir adalah perbaiki printer kalian. Karena hardware yang rusak akan langsung membuat printer menjadi offline oleh karena itu memperbaiki printer akan menjadi solusi yang tepat untuk menjadikan printer offline menjadi online kembali.
Cara diatas merupakan cara menjadikan offline printer jika diperbaiki lewat hardware maupun komponen printer, karena jika memang hardware atau software nya yang bermasalah jika hal diatas sudah dilakukan biasanya printer akan otomatis menjadi online namun jika belum, berikut saya akan menjelasakan cara merubah printer menjadi online namun dengan cara manual berikut penjelasannya.

Merubah Printer Offline Menjadi Online dengan Cara Manual
8. Pada Windows XP dan Vista
  • Klik Start
  • Kemudian pilih Printer and Fax
  • Kalian pilih dan klik Printer
  • Jika sudah klik kanan pada opsi Printer hilangkan tanda checklist pada pilihan Use Printer Offline
  • Selesai

9. Pada Windows 7
  • Klik Start
  • Kemudian pilih Devices and Printer
  • Jika sudah klik kanan pada pilihan Printer pilih See what’s a Printing
  • Kemudian secara otomatis akan muncul beberapa opsi lagi, kalian double klik di pilihan yang sama seperti tadi See what’s a Printing
  • Lalu klik di tab Printer dan kemudian hilangkan pilihan Use Printer Offline pada dialog box nya

10. Pada Windows 8 dan 10
  • Ketikan Win + I di keyboard lalu bukalah menu Setting
  • Pilih Devices and Printer
  • Pilih Printer
  • Kemudian kita cek jika printer dalam keadaan online maka akan muncul tulisan Ready jika offline maka Offline
  • Jika sudah klik kanan pada pilihan Printer pilih See what’s a Printing
  • Kemudian secara otomatis akan muncul beberapa opsi lagi, kalian double klik di pilihan yang sama seperti tadi See what’s a Printing
  • Lalu klik di tab Printer dan kemudian hilangkan pilihan Use Printer Offline pada dialog box nya

Demikian tutorial menganai Cara Menjadikan Printer Offline menjadi Online semoga bermanfaat dan semoga membantu jika ada hal yang ingin ditanyakan atau ada yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah disediakan, selamat mencoba ya !

Sumber : www.mastekno.com