Cara Mudah Mengatasi Sendiri Layar Laptop Yang Rusak

Baca Juga

Permasalahan yang kerap terjadi pada layar laptop biasanya ada penyebab yang mengakibatkan layar laptop menjadi rusak. Jadi sebelum kami bahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi layar laptop yang rusak atau berkedip kita kenali terlebih dahulu penyebab dari permasalahan tersebut. 
Image result for cara mengatasi layar laptop asus berkedip
Penyebab Layar Monitor Bergaris garis

  • Adanya kerusakan pada kabel flexibel laptop
  • Adanya kerusakan pada modul inverter
  • Adanya kerusakan pada kebel inverter laptop
  • Adanya kerusakan neon LCD

Nah itulah keempat penyebab yang menyebabkan layar laptop bergaris dan berkedip. Mungkin dengan kita mengetahui penyebab dari masalah yang terjadi pada layar laptop ini membuat kita mudah dalam melakukan perbaikannya. Dibawah ini kami telah menyiapkan tips dan cara memperbaiki layar laptop bergaris dan berkedip.

Cara Memperbaiki LCD Monitor Bergaris dan Berkedip Pada Perangkat Laptop

Layar laptop menjadi berkedip dan menjadi bergaris warna warni , biasanya hal ini dikarenakan laptop pernah jatuh sehingga mengakibatkan modul inverter laptop menjadi error dan menjadikan layar laptop bergaris. Dan untuk memperbaiki masalah seperti ini , silahkan anda simak tips dibawah ini :

  1. Pertama-tama silahkan anda matikan perangkat laptop anda dan kemudian cabut terlebih dahulu baterai yang terpasang pada laptop. 
  2. Langkah berikutnya silahkan anda buka frame LCD laptop anda
  3. Selanjutnya anda buka dan copot kabel-kabel yang terdapat pada laptop anda secara satu persatu
  4. Langkah keempat silahkan anda periksa ada tidaknya kerusakan yang terjadi pada kabel dan inverter pada laptop tersebut
  5. Langkah kelima periksa kembali kondisi inverter dan kemudian silahkan anda lepas
  6. Langkah berikutnya gunakan magnet ukuran kecil dan silahkan dekatkan magnet tersebut dengan inverter dengan jarak 2 cm. Hal ini bertujuan untuk supaya terhindar dari muatan statis dan silahkan anda lakukan sebanyak 2 sampai 3 kali saja
  7. Setelah itu silahkan anda lapisi inverter tersebut dengan solasi supaya PCB inverter menjadi lebih kuat
  8. Selanjutnya silahkan anda terapkan kembali kabel-kabel konektor yang sudah anda lepas
  9. Selesai

Nah mungkin itu saja yang bisa kami share pada kesempatan kali ini. Semoga bahasan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.



disalin dari sumber : https://www.kompasiana.com