Cara Mudah Mewngatasi Layar Laptop Berkedip

Baca Juga

Image result for cara mengatasi layar laptop berkedip
Semahal apapun notebook yang dimiliki bila tidak dirawat secara baik dan benar jelas akan mudah sekali terjadi masalah. Pasti kita bertanya-tanya apa yang menyebabkan laptop mengalami masalah layar berkedip. Penyebab tersebut memang harus kita ketahui agar nantinya kita dapat mengantisipasi agar masalah itu tidak terulang kembali. Sebenarnya masalah ini dapat terjadi hampir diseluruh notebook merk apapun. jadi masalah merk tidak mempengaruhi terjadinya monitor berkedip. Apa saja penyebabnya?

     Masalah VGA
VGA merupakan grafis pendukung munculnya tampilan pada monitor. VGA juga sangat mempengaruhi hasil dari tampilan grafisnya. Apabila kualitas VGA baik maka tampilan layar akan baik pula, begitu sebaliknya. Biasanya masalah VGA sering tidak kuat menjalankan atau menampilkan grafis yang diberikan oleh user.

     Kabel rusak
Kabel penghubung laptop pada monitor juga dapat jadi penyebab dari layar laptop berkedip. Apabila kabel ini dalam keadaan rusak, cacat atau kendor dapat membuat layar berkedip.

     Suhu processor panas
Selain VGA dan kabel penghubung ternyata pocessor tak kalah penting diperhatikan. seorang gamer yang betah berlama-lama didepan layar, masalah layar berkedip memang sudah sering ditemui. Pasalnya monitor sangat erat kaitannya dengan kondisi processor. Bila processor panas dapat jadi penyebab LCD berkedip nanti.

     Resolusi layar terlalu tinggi
Resolusi LCD setiap notebook berbeda-beda. Penyetting-an resolusi layar sangatlah penting. Pengaturan yang tidak sesuai ternyata berdampak layar tampak pecah-pecah bahkan berkedip-kedip. Jadi sesuaikan resolusi layar laptop kalian.

     Arus listrik tidak stabil
Penyebab LCD laptop berkedip beserta solusinya ternyata dapat pula berhubungan dengan listrik. Ketika laptop dipergunakan sembari di charger, dan monitor berkedip-kedip ada kemungkinan arus listrik yang masuk kedalam laptop tidak stabil. Akan lebih baik bila di charger terlebih dahulu baru dipergunakan lagi ketika baterai telah penuh.

Cara Mengatasi Layar Berkedip
Nah setelah mengetahui penyebab terjadinya masalah LCD berkedip, kalian pasti semakin penasaran bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. banyaknya penyebab tentu banyak pula cara penyelesaiannya. Jadi jangan hanya terpaku pada satu penyelesaian saja.

Cek VGA
Seperti dari masalah pertama yang kita bahas tadi. Setiap notebook dibekali kemampuan VGA berbeda-beda. bila notebook yang kita miliki berbekal kemampuan standart, dan kita menjalankan game dengan kebutuhan VGA besar. jelas ini jadi penyiksaan bagi VGA. Sayangnya mengecek kemampuan VGA tidak dapat dilakukan sendiri. perlu dibawa ke tukang servis yang lebih paham. Namun sebelum membawanya kesana, coba dulu beberapa cara penyelesaian selanjutnya.

Ganti atau cek kabel
Kabel juga mempengaruhi masalah LCD berkedip sendiri secara terus menerus. Sedikit tips sebelum mengatasinya, mungkin kalian dapat meminjam kabel terlebih dahulu sebelum membeli. takutnya bila sudah membeli kabel pengganti tapi ternyata penyebab masalah bukan dari kabel. Pertama coba bongkar bagian dalam notebook, bila terlihat kendor dapat dikencangkan. Jika belum ada perubahan, cobalah ganti menggunakan kabel lain. namun bila kedua cara tersebut tetap tidak memberikan pengaruh apapun, cobalah cara penyelesaian selanjutnya.

Mendinginkan suhu processor
Tadi kita sudah mengulas, ternyata suhu pada processor sangat mempengaruhi monitor. Cara ampuh mengatasi layar laptop kedap kedip ternyata sangat mudah. cukup menambahkan kipas external, agar processor tetap selalu dingin ketika bermain game atau menjalankan kinerja berat lainnya. sebenarnya kita dapat saja menambahkan kipas angin tambahan, tapi akan lebih efektif bila menggunakan fan external yang diletakkan pada bagian notebook.

Tips Merawat LCD Laptop

  • Setelah mengetahui jalan keluar dari berbagai masalah tadi, ada hal yang harus diperhatikan yakni cara merawat LCD. Bila masalah telah teratasi, perawatan jelas harus dilakukan. Hal ini dilakukan agar mati total tidak terjadi pada monitor nantinya. Apa saja yang harus dilakukan sebagai perawatan?
  • Lakukan pembersihan LCD secara rutin, pastinya membersihkan dengan cairan khusus LCD. Sebelum membersihkan notebook harus dimatikan terlebih dahulu. gunakan sikat lembut yang memang dirancang untuk membersihkan LCD dari debu. Hindari membersihkan LCD dengan cairan yang mengandung amoniak atau alkohol.
  • Ketika laptop dalam keadaan tertutup, usahakan laptop tidak mengalami tekanan. Misalnya meletakkan benda-benda berat diatas laptop. Meskipun terlihat sepele namun ini hal ini sangat penting dan berpengaruh.
  • Membuka dan menutup notebook ternyata tidak bisa diabaikan. Dan kebiasaan sebagian besar masyarakat adalah terbiasa membuka dan menutup laptop dengan membuka dari atas. Padahal bagian atas terdapat blok yang rentan rusak. Akan lebih baik bila kalian membuka dari kedua sisi kanan kiri laptop.
  • Mempergunakan resolusi setting VGA yang normal, tidak terlalu tinggi sebab akan sangat berpengaruh.


Setelah mengetahui penyebab sekaligus cara mengatasi layar laptop berkedip tapi layar tetap bermasalah. Itu menandakan notebook perlu penanganan lebih khusus oleh ahlinya. Bila telah membaik jangan lupa untuk menjaga dan merawat layar dengan beberapa tips tadi.